Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
jakpozbycsietradziku

jakpozbycsietradziku

Mendaki Gunung Gede, Tips Bagi Pemula - jakpozbycsietradziku.over-blog.com

Mendaki Gunung Gede, Tips Bagi Pemula - jakpozbycsietradziku.over-blog.com

Kegiatan hiking atau mendaki akhir-akhir ini menjadi sangat populer dan mulai diminati banyak kalangan. Terbentuknya banyak komunitas membuat kegiatan ini sangat menarik untuk dicoba. Untuk para pendaki pemula, ada banyak hal yang perlu diingat dan dipelajari. Anda bisa memulai mendaki di gunung dengan jalur yang tidak begitu sulit seperti mendaki ke Gunung Gede yang terletak di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat. Gunung ini juga sering disebut sebagau Gunung Gede Parango di mana telah resmi dicap sebagai Taman Nasional Gede Parango. Mengapa gunung ini pas untuk pendaki pemula? Selain karena jalur yang tidak begitu sulit, gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yang telah terawat dan luamyan aman.

 

Informasi Gunung Gede mengatakan kalau gunung ini memiliki ketinggian 2.958 mdpl dengan tiga jalur pendakian populer yaitu melalui Jalur Cibodas, Jalur Gunung Putri, dan Jalur Selabintana. Gunung Gede meletus pertama kali pada tahun 1747 di mana letusan tersebut membuat munculnya sumber air panas di sekitar gunung. Kemudian dalam peristiwa letusan tahun 1840, sebuah kawah kawah terbentuk yang di mana memiliki kedalaman sedalam empat meter. Gunung ini terdata terakhir kali meletus pada tahun 1957 dan membuat kemungkinan besar bila gunung ini kembali meletus, letusan tersebut akan sangat besar dan dahsyat dilihat dari aktivitasnya.

Mendaki Gunung Gede biasanya menjadi pengalaman banyak pendaki pemulai. Dengan melewati ketiga jalur yang sering dipakai, pendaki akan mudah menemukan banyak pos beristirahat yang telah disediakan oleh Balai Besar. Pos-pos yang ada di tiga jalur pendakian tersebut ialah Batu Kukus, Pondok Pemandangan, dan Kandang Batu di Jalur Cibodas. Kemudian Tanah Merah, Legok Lenca, Butut Lotong, Lawang Seketeng pada Jalur Gunung Putri. Sedangkan di Jalur Selabintana terdapat pos Citingar, Cigeber, Cileutik, dan Pertigaan.

 

Tips Naik Gunung Gede

Beberapa tips untuk pendaki pemula sebelum naik Gunung Gede agar pulang dengan selamat dan tidak mengalami kesulitan ketika mendadi di Gunnung Gede. Anda yang akan melakukan Gunung Gede hiking pertama kali perlu mengingat segala resiko dan jangan pernah ceroboh. Hal-hal lainnya yaitu jangan pernah menganggap diri paling jagoan dan mengambil tantangan yang lebih menantang seperti jalur yang terjal. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup karena salah satu faktor yang menyebakan seorang pendaki mengalami kecelakaan ialah tidak mengkonsumsi makanan dengan benar. Anda juga wajib membawa peralatan mendaki lengkap dan jangan pernah mengandalkan peralatan yang dibawa oleh rekan mendaki. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terpisah dari rekan mendaki. Kalau bisa, batasi jumlah rekan pendaki karena semakin banyak membawa rekan untuk mendaki, semakin besar kemungkinan terpisahnya. Anda juga bisa semakin lelah bila terlalu banyak bawa rekan dalam mendaki.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post
E
nice info, cocok banget buat panduan bagi pendaki pemula yang mau ke gunung gede pangrango. sebenernya paling enak lewat jalur gunung putri karena bisa ngecamp di Suryakencana sebelum summit ke puncak Gede.
Reply